BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Praktek Kerja Industri
Dalam sistem pendidikan nasional Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK), merupakan salah satu sub sistem yang mempunyai fungsi
dan peranan langsung dalam pengembangan sumber daya manusia, sebagai Integral Program
Pembangunan Ekonomi.
Sebagai sub sistem dari sistem
pendidikan nasional Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) berfungsi menyiapkan tenaga
kerja yang mempunyai kemampuan profesional. Hal ini dilakukan karena selama ini
pelajaran praktik kejuruan yang dilakukan di sekolah masih banyak di mulai
sehingga belum banyak memberikan keahlian yang profesional terhadap siswa
didik.
Dengan mengikuti garis besar kebijakan
pemerintah dalam bidang pendidikan
dan mempelajari situasi di Indonesia dewasa ini prinsip penguasaan keahlian
profesi, maka perlu diterapkan Praktek
Kerja Industri (Prakerin) dalam bentuk praktik industri untuk sekolah menengah
kejuruan umumnya dan khususnya di SMK IMABA Bogor sesuai dengan situasi
dan kondisi yang ada.
Dengan Praktek Kerja Industri (Prakerin)
para siswa diharapkan nantinya mendapatkan ilmu pengetahuan dari dunia
usaha/industri selain ilmu pengetahuan yang di dapat melalui pendidikan sekolah.
B. Tujuan Praktek Kerja Industri
Secara umum Praktek Kerja Industri
bertujuan untuk memberi gambaran kepada siswa/i pada saat bekerja, baik itu
disuatu perusahaan ataupun disuatu lembaga instansi. Sedangkan secara khususnya antara lain:
1.
Dapat menambah dan mengembangkan potensi
ilmu pengetahuan pada masing-masing siswa/i.
2.
Melatih keterampilan yang dimiliki
siswa/i sehingga dapat bekerja dengan baik.
3.
Melahirkan sikap bertanggung jawab,
disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan
lingkungan sekitar.
4.
Menambah kreatifitas siswa/i agar dapat
mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya.
5.
Memberikan motivasi sehingga siswa/i
bersemangat dalam meraih cita-cita mereka.
6.
Melatih siswa/i agar dapat membuat suatu
laporan yang terperinci dari apa saja yang mereka kerjakan selama Praktek Kerja
Industri.
7.
Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki
keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan keterampilan dan etos kerja
yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
8.
Memberi pengakuan dan penghargaan
terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
9.
Mempelajari Organisasi atau istana
praktek yang mencakup nyata perusahaan struktur, manajemen, tenaga kerja dan
lain-lain.
10.
Sebagai salah satu syarat mengikuti
Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun pelajaran 2013/2014.
C. Manfaat Praktek Kerja Industri
Praktek Kerja Industri (Prakerin)
merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh semua sekolah kejuruan khususnya
tingkat SMK, untuk mengenalkan pada setiap siswanya bagaimana rasanya cara
mengenal dunia luar (dunia usaha) dan juga untuk menambah pengalaman khususnya
di SMK IMABA. Dimana selama ini siswa/i yang melakukan pembelajaran
praktek-praktek dengan skala yang kecil, hal itu membuat siswa/i merasa bosan
dengan itu saja yang mereka lihat dan lakukan setiap harinya.
Adanya manfaat Praktek Kerja
Industri antara lain :
1.
Menambah wawasan pada siswa/i.
2.
Membina hubungan kerja sama yang baik
antara pihak sekolah dengan perusahaan atau lembaga instansi lainnya.
3.
Mendapatkan
pengalaman untuk bekal pada saat bekerja nantinya.
4.
Menumbuhkan
rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan.
5.
Menghasilkan tenaga kerja yang
memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat
pengetahuan, keterampilan, dan semanagat kerja yang sesuai dengan tuntutan
lapangan kerja.
6.
Memperkokoh hubungan sekolah dengan
Dunia Industri dan Dunia Usaha.
7.
Meningkatkan
efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
8.
Memberi
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses
pendidikan.
9.
Menyiapkan
Sumber Daya Manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era
Teknologi Informasi dan Komunikasi.
D.
Sistematika
penulisan laporan
Sistematika Penulisan terdiri dari:
1. Kata
Pengantar
Pada
lembar ini kami mengucapakan puji syukur kepada Allah SWT dan terimakasih
kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan laporan prakerin
ini.
2. Lembar
Pengeshan Instansi
Pada
lembar ini kami menulis beberapa nama yang bersangkutan dalam pelaksanaan Prakerin,
sebagai wujud rasa hormat kami kepada para pembimbing instansi.
3. Lembar
Pengesahan Sekolah
Pada
lembar Ini kami menulis beberapa nama yang bersangkutan dalam pelaksanaan Prakerin,
sebagai wujud rasa hormat kami kepada para pembimbing sekolah.
4. Daftar
Isi
Pada
lembar ini kami menulis isi beserta halaman yang tertera dalam laporan secara
tersusun.
5. BAB
I Pendahuluan
a. Latar
Belakang
Pada
halaman ini kami menulis latar belakang dilaksanakannya prakerin yang berisikan
harapan-harapan agar para siswa yang telah mengikuti prakerin dapat
mengembangkan keahlian yang telah dipelajari di sekolah dan melahirkan
individu-individu baru yang berkulitas dibidangnya masing-masing.
b. Tujuan
Prakerin
Pada
halaman ini kami menulis tujuan prakerin yang berisikan tujuan utama pelaksanaan prakerin yaitu
Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dengan tingkat
pengetahuan keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan
kerja.
c. Manfaat
Prakerin
Pada
halaman ini kami menulis manfaat prakerin yaitu Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian
profesional, yaitu tenaga kerja yang
memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan semanagat kerja yang sesuai dengan tuntutan.
memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan semanagat kerja yang sesuai dengan tuntutan.
d. Sistematika
Pada halaman ini kami menulis
susunan atau sistematika penulisan laporan sesuai ketentuan yang telah
ditentukan oleh pihak sekolah
6. BAB II Tinjauan Umum
a. Sejarah Singkat Instansi
Pada halaman ini kami menulis
sejarah singkat berdirinya Dinas Pendididkan Kota Bogor yang bertempat di Jl.
Raya Padjajaran No 125 secara rinci dan jelas.
b. Visi Misi Instansi
Pada halaman ini kami menulis visi
dan misi Dinas Pendidikan Kota Bogor yang berisikan harapan dan keinginan dalam
dunia pendidikan khususnya di Kota Bogor semakin berkualitas
c. Tugas dan Fungsi Instansi
Pada halaman ini kami menulis tugas tugas beserta fungsi instansi. Adapun
tugas beberapa bidang yang kami tulis dalam laporan prakerin ini.
d. Struktur Oraganisasi Instansi
Pada halaman ini kami menulis
susunan staff dan pejabat yang ada di Dinas Pendidikan Kota Bogor beserta tugas
setiap bidangnya masing-masing.
7. BAB III Pembahasan
a. Pembagian Tugas
Pada halaman ini kami menulis
pembagian tugas yang kami laksanakan selama pelaksanaan Prakerin dengan
petunjuk yang ditentukan oleh instansi.
b. Kegiatan-kegiatan
Pada halaman ini kami menulis
berbagai kegiatan yang kami lakukan selama Prakerin di Dinas Pendidikan Kota
Bogor dan kami melaksanakannya sesuai ketentuan dari instansi
c. Hasil Kegiatan
Pada halaman ini kami menulis hasil
kegiatan selama pelaksanaan Prakerin di Dinas Pendidikan Kota Bogor. Hasil ini
kami dapatkan dari kegiatan yang kami laksanakan selama Prakerin.
d. Laporan Prakerin
Pada halaman ini kami menulis sebuah
laporan yang kami susun untuk memenuhi syarat Ujian Akhir Nasional (UAN). Dalam
laporan ini terdapat tujuan dan manfaat yang kami tulis.
a) Tujuan
Pada halaman ini kami menulis beberapa tujuan menulis laporan Prakerin.
b) Manfaat
Pada halaman ini kami menulis
beberapa manfaat laporan Prakerin yang akan membantu dalam penambahan nilai
akhir sekolah.
8. BAB IV Penutup
Pada halaman ini kami menulis
penutupan laporan prakerin dan berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah
membantu dan membaca laporan ini. kami menyadari bahwa banyak kekurangan dalam
penulisan laporan ini.
9.
BAB V Kesimpulan dan Saran
a. Kesimpulan
Pada halaman ini kami menulis
beberapa kesimpulan dari semua isi laporan yang telah kami buat.
b. Saran
Pada halaman ini berisikan saran dan
kritik kepada pihak yang bersangkutan yang sifatnya membangun dan memiliki
nilai yang positif kedepannya
BAB II
TINJAUAN
UMUM
A.
Sejarah
Berdirinya Dinas Pendidikan Kota Bogor
Pembentukan Dinas Pendidikan Kota Bogor
ditetapkan dengan peraturan daerah Nomor 13 Tahun 2004, tentang Organisasi
Perangkat Daerah. Dinas Pendidikan merupakan perangkat daerah sebagai unsur
pelaksana teknis dibidang pendidikan, dipimpin oleh seorang Kepala Dinas dan
bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.
Dinas
Pendidikan mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan otonomi pemerintahan
dibanding pendidikan yang menjadi urusan rumah tangga daerah.
Alamat
|
:
|
Jl. Raya Pajajaran No. 125
|
Telepon
|
:
|
(0251) 8341 101 - (0251) 8317 231
- (0251) 8321 075 Ext
|
Email
|
:
|
B. Visi
dan Misi Dinas Pendidikan Kota Bogor
Visi :
“ TERWUJUDNYA MASYARAKAT
KOTA BOGOR YANG CERDAS DAN TERAMPIL “
Ø Cerdas
:
Dinas Pendidikan Kota Bogor mempunyai
cita-cita untuk mewujudkan masyarakat Kota Bogor yang cerdas. Masyarakat yang
cerdas adalah masyarakat yang sempurna perkembangan akal budinya dan sehat
jasmaninya dan sehat jasmaninya serta mampu mensinergikan kecerdasan sosial,
intelektual, dan kinestesis sebagai kekuatan positif sehingga menjadi manusia
produktif yang dapat dimanfaatkan oleh
Kota Bogor untuk mewujudkan Kota perdagangan.Terdapat tiga kompenen kecerdasan
yang ingin dan akan dibangun oleh Dinas Pendidikan Kota Bogor yaitu kecerdasan
sosial, intelektual dan kinestesis.
Kecerdasan sosial mengandung pengertian
bahwa masyarakat Kota Bogor akan beraktualisasi diri melalui interaksi sosial
yang membina dan memupuk hubungan timbal balik, demokratis, empati dan
simpatik, menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia ceria dan percaya diri,
menghargai kebinekaan dalam masyarakat bernegara, berwawasan kebangsaan dengan
kesadaran akan hak dan kewajiban warga negara.
Kecerdasan intelektual mengandung
pengertian bahwa masyarakat Kota Bogor akan beraktualisasi diri melalui olah
piker untuk memperoleh kompetensi dan kemandirian dalam ilmu pengetahuan dan
teknologi, sehingga menjadi insan yang
kritis, kreatif, inovatif dan imajinatif.
Kecerdasan kinestesis mengandung
pengertian bahwa masyarakat Kota Bogor
akan beraktualisasi diri melalui Olahraga untuk mewujudkan insan yang
sehat dan bugar, berdaya tahan sigap, terampil dan terintegrasi.
Ø Terampil
:
Dinas Pendidikan Kota Bogor mempunyai
cita-cita untuk mewujudkan masyarakat Kota Bogor yang terampil. Terampil disini
mengandung pengertian bahwa masyarakat
Kota Bogor akan memiliki kompetensi yang cakap, mampu dan cekatan
didalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya untuk mewujudkan pertumbuhan
ekonomi kota terutama disektor perdagangan.
Untuk mewujudkan visi
tersebut dan sering dengan perkembangan
kewenangan atau tugas pokok dan
fungsi, Dinas Pendidikan Kota Bogor telah menetapkan misi sebagai
berikut.
Misi :
1. Menuntaskan
wajib belajar 12 tahun.
2.
Meningkatkan
kualitas dan relevansi pendidikan.
3.
Meningkatkan
kualitas sumber daya Dinas Pendidikan
Kota Bogor dalam upaya mewujudkan
tatalayanan pendidikan yang baik.
4. Tugas
Pokok Dinas Pendidikan.
5. Dinas
Pendidikan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagai urusan di bidang Pendidikan.
6. Perumusan
kebijakan dibidang Pendidikan .
7. Penyelenggaraan
urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang pendidikan .
8. Pembinaan
dan pelaksanaan tugas dibidang pendidikan.
C. Tugas dan Fungsi Dinas Pendidikan Kota Bogor.
Ø
Tugas Pokok
Dinas Pendidikan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian urusan di bidang Pendidikan.
Dinas Pendidikan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian urusan di bidang Pendidikan.
Ø Fungsi :
1.
Perumus
kebijakan teknis dibidang Pendidikan.
2. Penyelenggaraan
urusan Pemerintahan dan Pelayanan Umum di bidang Pendidikan.
3. Pembinaan
dan pelaksanaan tugas di bidang Pendidikan.
4. Pelaksanaan
tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai tugas dan fungsinya.
D.
Struktur
Organisasi Dinas Pendidikan:
1. Kepala Dinas;
2. Sekretariat, membawahkan :
o Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
o Sub Bagian Keuangan;
o Sub Bagian Perencanaan dan
Pelaporan.
3. Bidang Pendidikan Dasar, membawahkan
:
o Seksi Kurikulum;
o Seksi Kesiswaan;
o Seksi Bina Profesi.
4. Bidang Pendidikan Menengah
membawahkan :
o Seksi Kurikulum;
o Seksi Kesiswaan;
o Seksi Bina Profesi.
5. Bidang Sarana dan Prasarana,
membawahkan :
o Seksi Sarana Prasarana Pendidikan
Dasar;
o Seksi Sarana Prasarana Pendidikan
Menengah;
6. Bidang Pendidikan Non Formal dan
Informal, membawahkan :
o
Seksi Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD);
o Seksi Pendidikan Kesetaraan;
o Seksi Kursus dan Kelembagaan.
7.
UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB);
Bagan Dinas Pendidikan Kota Bogor
Data pejabat
pada Dinas Pendidikan
terdiri atas beberapa
bagian. Adapun data pejabat pada
Dinas Pendidikan Kota Bogor sebagai berikut:
No.
|
Nama Pejabat
|
Jabatan
|
1.
|
H. Edgar Suratman, SE, MM
|
Kepala Dinas Pendidikan
|
2.
|
H. Fahrudin, S.Pd
|
Sekretaris Dinas Pendidikan
|
3.
|
Ayub Cahyono, SE, M.Si
|
Kasubag Umum Dan Kepegawaian
|
4.
|
Aryamehr Khomsa Tirtamaya, ST
|
Kasubag Keuangan
|
5.
|
Hj. Aan Kurniasih, SPd, Mm
|
Kasubag Perencanaan Dan Pelaporan
|
6.
|
Setiabudi, M.Pd.
|
Kabid Pendidikan Dasar
|
7.
|
Dra. Arni Suhaerani, M.Pd.
|
Kasi Kurikulum Dikdas
|
8.
|
Dra. Mujiasih Lestari
|
Kasi Kesiswaan Dikdas
|
9.
|
Titin Wartini, SH
|
Kasi Bina Profesi Dikdas
|
10.
|
Drs. H.
Jana Sugiana, M.Pd
|
Kabid Pendidikan Menengah
|
11.
|
Jajang Koswara S.Pd
|
Kasi Kurikulum Dikmen
|
12.
|
Teddy Kusnadi S.Pd, M.Pd
|
Kasi Kesiswaan Dikmen
|
13.
|
Hj. Sri Martini SH, Mm
|
Kasi Bina Profesi Dikmen
|
14.
|
Ir. Hj. Iwan Setiawan, M.Si.
|
Kabid Sarana Dan Prasarana
|
15.
|
Irfa Sjakira, ST, ME
|
Kasi Sarana Dan
Prasarana Pendididkan Dasar
|
16.
|
Evita Lazuardi, ST. MT
|
Kasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan menengah
|
17.
|
Dra. Hj Ritta Tresnayanti,
M.Pd.
|
Kabid Pendidikan Non Formal Dan Informal
|
18.
|
Tuti
Eryani, SE
|
Kasi Pendidikan Anak Usia
Dini (PAUD)
|
19.
|
Elly
Sahara Harahap, SE.
|
Kasi Pendidikan Kesetaraan
|
20.
|
Nurchasanah,
SS. Mm
|
Kasi Kursus Dan Kelembagaan
|
BAB III
PEMBAHASAN
A.
Pembagian
Tugas
Selama kami melaksanakan Praktek Kerja
Industri (Prakerin) di Dinas Pendidikan Kota Bogor, kami banyak mendapatkan
pengalaman kerja yang baru bagi kami. Setiap anggota atau peserta prakerin
dikelompok kami, ditugaskan di tempat-tempat yang strategis dalam instansi
kepemerintahan.
Adapun ruangan tugas yang kami
laksanakan selama praktek di tempat tersebut adalah sebagai berikut:
1. Sekertaris
Dinas
Tugas
yang kami laksanakan di ruang ini diantaranya adalah:
a. Mengarsip
b. Menulis
jadwal kegiatan
c.
Mecatat
surat keluar dan surat masuk
d. Mendistribusikan
surat
e. Pelayanan
terhadap tamu
2. Pendidikan
Dasar
Tugas
yang kami laksanakan di ruang ini diantaranya:
a. Mengarsip
surat masuk
b. Mengagendakan
surat masuk
c. Menelpon
sekolah-sekolah
d. Membuat
surat mutasi siswa
e. Menyusun
daftar 1 (satu)
3. Recepsionist
Tugas
yang kami laksanakan di ruang ini diantaranya:
a. Mendisposisikan
surat
b. Menerima
telepon masuk
c. Membubuhkan
cap dan pemberian nomor registrasi
d. Pelegalisiran
berkas dan sertifikat
B.
Kegiatan-Kegiatan
Selama kami melaksanakan Praktek Kerja
Industri di Dinas Pendidikan Kota Bogor, ada beberapa kegiatan yang kami
laksanakan diantaranya adalah:
1. Sekertaris
Dinas
a. Mengarsip
surat
Dalam
kegiatan ini kami menyimpan surat yang telah didisposisikan oleh kepala dinas
ataupun sekertaris dinas tentang kegiatan maupun jadwal yang akan dilaksanakan oleh Kepala Dinas
ataupun Sekertaris Dinas.
b. Menulis
jadwal kegiatan
Di
ruang ini kami menulis jadwal kegiatan yang akan diumumkan pada apel pagi dan
kegiatan ataupun undangan yang harus dihadiri oleh Kepala Dinas maupun Para
Bidang.
c.
Mecatat
surat keluar dan surat masuk
Kami mencatat surat yang
didisposisi dari Receptionist dan diserahkan kepada Kepala Dinas ataupun
Sekertaris Dinas untuk ditanggapi dan diproses menurut ketentuan.
d. Mendistribusikan
surat
Kami
mendistribusikan surat ke bidang-bidang yang berisikan tugas kerja
masing-masing bidang yang telah ditanda tangani oleh Kepala Dinas atau
Sekertaris Dinas.
e. Pelayanan
terhadap tamu
Kami
menerima dan melayani tamu yang hendak bertemu baik dengan Kepala Dinas maupun
ke Sekretariatan.
2. Pendidikan
Dasar
a. Mengrasip
surat masuk
Di
ruang ini kami mengarsipkan surat masuk yang diberikan dari Receptionist yang
telah ditanggapi oleh kepala dinas ataupun sekertaris dinas kemudian dimasukkan
kedalam surat masuk.
b. Mengagendakan
surat masuk
Kami
mencatat ulang surat dari Receptionist dan mengagendakannya kemudian diserahkan
kepada Kabid Dikmen.
c. Menelpon
sekolah-sekolah
Kami
ditugaskan untuk menelpon alamat-alamat sekolah yang ada disurat tugas
tersebut.
d. Membuat
surat mutasi siswa
Kami
ditugaskan untuk membuat surat mutasi siswa setelah diberikan surat keterangan
pindah dari pihak sekolah atas siswa yang bersangkutan.
e. Menyusun
daftar 1 (satu)
Setiap
bulannya kami ditugaskan untuk menyusun dan menginput daftar 1 sesuai kecamatan
yang dimaksud.
3. Recepsionist
a. Mendisposisikan
surat
Kami
memberikan lembar disposisi pada surat yang masuk, untuk diberikan penugasan
oleh Kepala Dinas kepada yang bersangkutan.
b. Menerima
telepon masuk
Kami menerima telepon yang masuk
ke Dinas Pendidikan Kota Bogor.
c. Membubuhkan
cap dan pemberian nomor registrasi
Kami
membubuhkan cap pada berkas yang telah ditandatangani oleh pimpinan juga
memberikan nomor registrasi pada berkas tersebut.
d. Pelegalisiran
berkas dan sertifikat
Kami menerima dan
melegalisir baik berkas maupun sertifikat.
C.
Hasil
Kegiatan
Setelah kegiatan yang kami laksanakan
kami mendapatkan banyak pengalaman dan hal baru yang dapat membantu kami dalam
dunia kerja selain itu kami mendapatkan pembekalan dari pembimbing instansi
berupa nasehat, saran dan kritik yang membangun semangat dalam dunia pekerjaan
dan pendidikan. Sedikit banyaknya kami mengerti bagaimana cara bekerja dan
merasakan manfaat dari Praktek Kerja Industri.
D.
Laporan
Prakerin
Pada
kesempatan kali ini, kami dapat menyelesaikan laporan Praktek Kerja Industri
yang memiliki beberapa tujuan dan manfaat.
1. Tujuan
laporan
Adapun
tujuan kami membuat laporan Praktek Kerja Industri yaitu sebagai berikut:
a. Untuk
memenuhi syarat kelulusan.
b. Mengolah
data dan menuangkannya dalam bentuk tulisan sehingga orang lain dapat
membacanya dan mengetahui informasi yang kami lakukan dan kerjakan selama kami
melaksanakan praktek kerja industri di Dinas Pendidikan Kota Bogor.
c. Sebagai
pertanggungjawaban atas tugas yang diberikan oleh sekolah kepada peserta
Prakerin.
d. Sebagai
bahan bukti bahwa siswa-siswi SMK IMABA telah melaksanakan kegiatan Prakerin.
e. Untuk
mengetahui perkembangan siswa-siswi selama mengikuti Prakerin.
f. Sebagai
latihan bagian siswa-siswi dalam membuat sebuah laporan.
2. Manfaat
laporan
Manfaat laporan Prakerin
yaitu sebagai berikut:
a. Kami
semakin lancar dalam mengolah data.
b. Menjadikan
kami siswa-siswi yang bisa bertanggungjawab dalam melakasanakan tugas apapun.
c. Membantu
kami memiliki wawasan tentang duni kerja yang sesungguhnya.
d. Membawa
motivasi yang positif bagi siswa-siswi SMK IMABA.
BAB IV
PENUTUP
Sebuah karya pasti mempunyai kelebihan dan juga kelemahan, penulis merasa
bahwa karya yang telah dibuat ini masih banyak kekurangannya oleh karena itu
penulis Dengan hati
yang lapang kami mengharapkan
saran-sarannya dan masukan
untuk melengkapi dan menyempurnakan laporan
ini dari berbagai pihak yang
rela mengkaji dan
menela’ah laporan.
Dengan segenap kekurangan dan keterbatassan yang dimiliki, penulis
menyarankan bagi semua pembaca khususnya siswa-siswi SMK Bina Karya Insan
terutama adik kelas agar lebih bersemangat dan
bersungguh-sungguh dalam melaksanakan program yang diadakan disekolah
dan bagi semua teman seperjuangan agar tetap bersemangat dan berjuang dalam
mengembangkan potensi diri dan menjaga nama baik sekolah.
Sebagai kata
penutup dalam penulisan tugas ahir ini,
penulis panjat puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat-Nya sehingga dengan penuh kesabaran, ketabahan, dan jerih payah penulis
dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Semoga apa yang telah penulis paparkan
dalam tugas ahir ini dapat bermanfaat bagi diri penulis khususnya dan pembaca pada
umumnya. Hanya kepada Allah lah segalanya penulis kembalikan, sebab di
tangan-Nyalah sumber segala kebenaran.Bila ada sedikit kebenaran dalam tugas
ahir ini semata-mata datangnya dari Allah SWT.
BAB V
SARAN DAN
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Dari
pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwasanya ketika kita bekerja di suatu
perusahaan atau organisasi di bidang apa saja, sangat menunjang kami dalam
berkarir terutama modal dan berani berspekulasi dengan kesempatan yang ada
untuk menuju kesuksesan.
Dimanapun
kita bekerja hakekatnya sama saja, yang terutama harus kita miliki adalah
keyakinan kita untuk maju dan pantang menyerah, juga diperlukan sportifitas dan
kedisiplinan dalam bekerja.
Dalam
hal ini, ketika kita bekerja disuatu perusahaan, kita harus mengetahui fungsi
dan tugas, dan mengerti pekerjaan tersebut.
B.
Saran-saran
1. Bagi
Sekolah
Penulis mengharapkan
untuk lebih meningkatkan
kualitas lembaga dan juga
kedisiplinan terhadap siswa, kemudian sarana pendidikan agar
lebih dilengkapi karena
sarana yang ada
sedikitnya sangat mempengaruhi
bagi siswa untuk
lebih semangat dalam
belajar.
2. Bagi Instansi
Bagi seluruh
karyawan dan karyawati,
penulis berharap untuk
lebih meningkatkan motivasi
dalam bekerja dan
lebih giat serta
tepat waktu dalam
melaksanakan tugas.
3. Bagi Siswa
Bagi Siswa
diharapkan lebih mempersiapkan
berbagai hal, baik
mental, material, dan
spiritual. Dalam
melaksanakan kegiatan jangan
saling mengandalkan untuk
bekal pengalaman dikemudian hari
karena semangat kerja adalah kunci kesuksesan.