Twitter ^^

laporan PRAKERIN SMK IMABA (TKJ)



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Praktek Kerja Industri
Dalam sistem pendidikan nasional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), merupakan salah satu sub sistem yang mempunyai fungsi dan peranan langsung dalam pengembangan sumber daya manusia, sebagai Integral Program Pembangunan Ekonomi.
Sebagai sub sistem dari sistem pendidikan nasional Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) berfungsi menyiapkan tenaga kerja yang mempunyai kemampuan profesional. Hal ini dilakukan karena selama ini pelajaran praktik kejuruan yang dilakukan di sekolah masih banyak di mulai sehingga belum banyak memberikan keahlian yang profesional terhadap siswa didik.   
Dengan mengikuti garis besar kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan dan mempelajari situasi di Indonesia dewasa ini prinsip penguasaan keahlian profesi, maka perlu diterapkan Praktek Kerja Industri (Prakerin) dalam bentuk praktik industri untuk sekolah menengah kejuruan umumnya dan khususnya di SMK IMABA Bogor  sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.
Dengan Praktek Kerja Industri (Prakerin)  para siswa diharapkan nantinya mendapatkan ilmu pengetahuan dari dunia usaha/industri selain ilmu pengetahuan yang di dapat melalui pendidikan sekolah.

B.       Tujuan Praktek Kerja Industri
Secara umum Praktek Kerja Industri bertujuan untuk memberi gambaran kepada siswa/i pada saat bekerja, baik itu disuatu perusahaan ataupun disuatu lembaga instansi. Sedangkan secara khususnya antara lain:
1.             Dapat menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan pada masing-masing siswa/i.
2.             Melatih keterampilan yang dimiliki siswa/i sehingga dapat bekerja dengan baik.
3.             Melahirkan sikap bertanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
4.             Menambah kreatifitas siswa/i agar dapat mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya.
5.             Memberikan motivasi sehingga siswa/i bersemangat dalam meraih cita-cita mereka.
6.             Melatih siswa/i agar dapat membuat suatu laporan yang terperinci dari apa saja yang mereka kerjakan selama Praktek Kerja Industri.
7.             Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
8.             Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
9.             Mempelajari Organisasi atau istana praktek yang mencakup nyata perusahaan struktur, manajemen, tenaga kerja dan lain-lain.
10.         Sebagai salah satu syarat mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun pelajaran 2013/2014.

C.       Manfaat Praktek Kerja Industri
Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh semua sekolah kejuruan khususnya tingkat SMK, untuk mengenalkan pada setiap siswanya bagaimana rasanya cara mengenal dunia luar (dunia usaha) dan juga untuk menambah pengalaman khususnya di SMK IMABA. Dimana selama ini siswa/i yang melakukan pembelajaran praktek-praktek dengan skala yang kecil, hal itu membuat siswa/i merasa bosan dengan itu saja yang mereka lihat dan lakukan setiap harinya.
Adanya manfaat Praktek Kerja Industri  antara lain :
1.            Menambah wawasan pada siswa/i.
2.            Membina hubungan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan perusahaan atau lembaga instansi lainnya.
3.            Mendapatkan pengalaman untuk bekal  pada saat bekerja nantinya.
4.            Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan.
5.            Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan semanagat kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
6.            Memperkokoh hubungan sekolah dengan Dunia Industri dan Dunia Usaha.
7.            Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
8.            Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
9.            Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era Teknologi Informasi dan Komunikasi.


D.       Sistematika penulisan laporan
Sistematika Penulisan terdiri dari:
1.   Kata Pengantar
Pada lembar ini kami mengucapakan puji syukur kepada Allah SWT dan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan laporan prakerin ini.
2.   Lembar Pengeshan Instansi
Pada lembar ini kami menulis beberapa nama yang bersangkutan dalam pelaksanaan Prakerin, sebagai wujud rasa hormat kami kepada para pembimbing instansi.
3.   Lembar Pengesahan Sekolah
Pada lembar Ini kami menulis beberapa nama yang bersangkutan dalam pelaksanaan Prakerin, sebagai wujud rasa hormat kami kepada para pembimbing sekolah.
4.   Daftar Isi
Pada lembar ini kami menulis isi beserta halaman yang tertera dalam laporan secara tersusun.
5.   BAB I Pendahuluan
a.    Latar Belakang
Pada halaman ini kami menulis latar belakang dilaksanakannya prakerin yang berisikan harapan-harapan agar para siswa yang telah mengikuti prakerin dapat mengembangkan keahlian yang telah dipelajari di sekolah dan melahirkan individu-individu baru yang berkulitas dibidangnya masing-masing.
b.   Tujuan Prakerin
Pada halaman ini kami menulis tujuan prakerin yang berisikan  tujuan utama pelaksanaan prakerin yaitu Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
c.    Manfaat Prakerin
Pada halaman ini kami menulis manfaat prakerin yaitu Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang
memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan semanagat kerja yang sesuai dengan tuntutan.
d.   Sistematika
Pada halaman ini kami menulis susunan atau sistematika penulisan laporan sesuai ketentuan yang telah ditentukan oleh pihak sekolah

6.      BAB II Tinjauan Umum
a.    Sejarah Singkat Instansi
Pada halaman ini kami menulis sejarah singkat berdirinya Dinas Pendididkan Kota Bogor yang bertempat di Jl. Raya Padjajaran No 125 secara rinci dan jelas.
b.   Visi Misi Instansi
Pada halaman ini kami menulis visi dan misi Dinas Pendidikan Kota Bogor yang berisikan harapan dan keinginan dalam dunia pendidikan khususnya di Kota Bogor semakin berkualitas
c.    Tugas dan Fungsi Instansi
Pada halaman ini kami menulis tugas tugas beserta fungsi instansi. Adapun tugas beberapa bidang yang kami tulis dalam laporan prakerin ini.
d.   Struktur Oraganisasi Instansi
Pada halaman ini kami menulis susunan staff dan pejabat yang ada di Dinas Pendidikan Kota Bogor beserta tugas setiap bidangnya masing-masing.
7.      BAB III Pembahasan
a.    Pembagian Tugas
Pada halaman ini kami menulis pembagian tugas yang kami laksanakan selama pelaksanaan Prakerin dengan petunjuk yang ditentukan oleh instansi.
b.   Kegiatan-kegiatan
Pada halaman ini kami menulis berbagai kegiatan yang kami lakukan selama Prakerin di Dinas Pendidikan Kota Bogor dan kami melaksanakannya sesuai ketentuan dari instansi
c.    Hasil Kegiatan
Pada halaman ini kami menulis hasil kegiatan selama pelaksanaan Prakerin di Dinas Pendidikan Kota Bogor. Hasil ini kami dapatkan dari kegiatan yang kami laksanakan selama Prakerin.
d.   Laporan Prakerin
Pada halaman ini kami menulis sebuah laporan yang kami susun untuk memenuhi syarat Ujian Akhir Nasional (UAN). Dalam laporan ini terdapat tujuan dan manfaat yang kami tulis.
a)   Tujuan
Pada halaman ini kami menulis beberapa tujuan menulis laporan Prakerin.
b)   Manfaat
Pada halaman ini kami menulis beberapa manfaat laporan Prakerin yang akan membantu dalam penambahan nilai akhir sekolah.


8.   BAB IV Penutup
Pada halaman ini kami menulis penutupan laporan prakerin dan berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan membaca laporan ini. kami menyadari bahwa banyak kekurangan dalam penulisan laporan ini.
9.   BAB V Kesimpulan dan Saran
a.    Kesimpulan
Pada halaman ini kami menulis beberapa kesimpulan dari semua isi laporan yang telah kami buat.
b.   Saran
Pada halaman ini berisikan saran dan kritik kepada pihak yang bersangkutan yang sifatnya membangun dan memiliki nilai yang positif kedepannya



BAB II
TINJAUAN UMUM

A.      Sejarah Berdirinya Dinas Pendidikan Kota Bogor
Pembentukan Dinas Pendidikan Kota Bogor ditetapkan dengan peraturan daerah Nomor 13 Tahun 2004, tentang Organisasi Perangkat Daerah. Dinas Pendidikan merupakan perangkat daerah sebagai unsur pelaksana teknis dibidang pendidikan, dipimpin oleh seorang Kepala Dinas dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.
Dinas Pendidikan mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan otonomi pemerintahan dibanding pendidikan yang menjadi urusan rumah tangga daerah.
Alamat
:
Jl. Raya Pajajaran No. 125
Telepon
:
(0251) 8341 101 - (0251) 8317 231 - (0251) 8321 075 Ext
Email
:

B.       Visi dan Misi Dinas Pendidikan Kota Bogor
Visi  :
“ TERWUJUDNYA MASYARAKAT KOTA BOGOR YANG CERDAS DAN TERAMPIL “
Ø Cerdas :
Dinas Pendidikan Kota Bogor mempunyai cita-cita untuk mewujudkan masyarakat Kota Bogor yang cerdas. Masyarakat yang cerdas adalah masyarakat yang sempurna perkembangan akal budinya dan sehat jasmaninya dan sehat jasmaninya serta mampu mensinergikan kecerdasan sosial, intelektual, dan kinestesis sebagai kekuatan positif sehingga menjadi manusia produktif  yang dapat dimanfaatkan oleh Kota Bogor untuk mewujudkan Kota perdagangan.Terdapat tiga kompenen kecerdasan yang ingin dan akan dibangun oleh Dinas Pendidikan Kota Bogor yaitu kecerdasan sosial, intelektual dan kinestesis.
Kecerdasan sosial mengandung pengertian bahwa masyarakat Kota Bogor akan beraktualisasi diri melalui interaksi sosial yang membina dan memupuk hubungan timbal balik, demokratis, empati dan simpatik, menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia ceria dan percaya diri, menghargai kebinekaan dalam masyarakat bernegara, berwawasan kebangsaan dengan kesadaran akan hak dan kewajiban warga negara.
Kecerdasan intelektual mengandung pengertian bahwa masyarakat  Kota  Bogor akan beraktualisasi diri melalui olah piker untuk memperoleh kompetensi dan kemandirian dalam ilmu pengetahuan dan teknologi,  sehingga menjadi insan yang kritis, kreatif, inovatif dan imajinatif.
Kecerdasan kinestesis mengandung pengertian bahwa masyarakat  Kota Bogor akan beraktualisasi diri melalui Olahraga untuk mewujudkan insan  yang  sehat dan bugar, berdaya tahan sigap, terampil dan terintegrasi.

Ø Terampil :
Dinas Pendidikan Kota Bogor mempunyai cita-cita untuk mewujudkan masyarakat Kota Bogor yang terampil. Terampil disini mengandung pengertian bahwa masyarakat  Kota Bogor akan memiliki kompetensi yang cakap, mampu dan cekatan didalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi kota terutama disektor perdagangan.

Untuk mewujudkan visi tersebut dan sering dengan perkembangan  kewenangan  atau tugas pokok  dan  fungsi, Dinas Pendidikan Kota Bogor telah menetapkan misi sebagai berikut.
Misi  :
1.    Menuntaskan wajib belajar 12 tahun.
2.    Meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan.
3.    Meningkatkan kualitas sumber daya Dinas Pendidikan  Kota  Bogor dalam upaya mewujudkan tatalayanan pendidikan  yang  baik.
4.    Tugas Pokok Dinas Pendidikan.
5.    Dinas Pendidikan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagai urusan di bidang Pendidikan.
6.    Perumusan kebijakan dibidang Pendidikan .
7.    Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang pendidikan .
8.    Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang pendidikan.

C.      Tugas dan Fungsi Dinas Pendidikan Kota Bogor.
Ø Tugas Pokok
Dinas Pendidikan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian urusan di bidang  Pendidikan.
Ø Fungsi :
1.    Perumus kebijakan teknis dibidang Pendidikan.
2.    Penyelenggaraan urusan Pemerintahan dan Pelayanan Umum di bidang Pendidikan.
3.    Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Pendidikan.
4.    Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai tugas dan fungsinya.

D.      Struktur Organisasi Dinas Pendidikan:
1.    Kepala Dinas;
2.    Sekretariat, membawahkan :
o Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
o Sub Bagian Keuangan;
o Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan.
3.    Bidang Pendidikan Dasar, membawahkan :
o Seksi Kurikulum;
o Seksi Kesiswaan;
o Seksi Bina Profesi.
4.    Bidang Pendidikan Menengah membawahkan :
o Seksi Kurikulum;
o Seksi Kesiswaan;
o Seksi Bina Profesi.
5.    Bidang Sarana dan Prasarana, membawahkan :
o Seksi Sarana Prasarana Pendidikan Dasar;
o Seksi Sarana Prasarana Pendidikan Menengah;
6.    Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal, membawahkan :
o Seksi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD);
o Seksi Pendidikan Kesetaraan;
o Seksi Kursus dan Kelembagaan.
7.    UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB);







Bagan Dinas Pendidikan Kota Bogor
Data pejabat  pada  Dinas  Pendidikan  terdiri  atas  beberapa  bagian.  Adapun data pejabat  pada  Dinas  Pendidikan  Kota Bogor sebagai berikut:

No.
Nama Pejabat
Jabatan
1.
H. Edgar Suratman, SE, MM
Kepala Dinas Pendidikan
2.
H. Fahrudin, S.Pd
Sekretaris Dinas Pendidikan
3.
Ayub Cahyono, SE, M.Si
Kasubag Umum Dan Kepegawaian
4.
Aryamehr Khomsa Tirtamaya, ST
Kasubag Keuangan
5.
Hj. Aan Kurniasih, SPd, Mm
Kasubag Perencanaan Dan Pelaporan
6.
Setiabudi, M.Pd.
Kabid Pendidikan Dasar
7.
Dra. Arni Suhaerani, M.Pd.
Kasi Kurikulum Dikdas
8.
Dra. Mujiasih Lestari
Kasi Kesiswaan Dikdas
9.
Titin Wartini, SH
Kasi Bina Profesi Dikdas
10.
Drs. H. Jana Sugiana, M.Pd
Kabid Pendidikan Menengah
11.
Jajang Koswara S.Pd
Kasi Kurikulum Dikmen
12.
Teddy Kusnadi S.Pd, M.Pd
Kasi Kesiswaan Dikmen
13.
Hj. Sri Martini SH, Mm
Kasi Bina Profesi Dikmen
14.
Ir. Hj. Iwan Setiawan, M.Si.
Kabid Sarana Dan Prasarana
15.
Irfa Sjakira, ST, ME
Kasi Sarana Dan  Prasarana Pendididkan Dasar
16.
Evita Lazuardi, ST. MT
Kasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan menengah
17.
Dra. Hj Ritta Tresnayanti, M.Pd.
Kabid Pendidikan Non Formal Dan Informal
18.
Tuti Eryani, SE
Kasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
19.
Elly Sahara Harahap, SE.
Kasi Pendidikan Kesetaraan
20.
Nurchasanah, SS. Mm
Kasi Kursus Dan Kelembagaan




BAB III
PEMBAHASAN

A.       Pembagian Tugas
Selama kami melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Dinas Pendidikan Kota Bogor, kami banyak mendapatkan pengalaman kerja yang baru bagi kami. Setiap anggota atau peserta prakerin dikelompok kami, ditugaskan di tempat-tempat yang strategis dalam instansi kepemerintahan.
Adapun ruangan tugas yang kami laksanakan selama praktek di tempat tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Sekertaris Dinas
Tugas yang kami laksanakan di ruang ini diantaranya adalah:
a.       Mengarsip
b.      Menulis jadwal kegiatan
c.       Mecatat surat keluar dan surat masuk
d.      Mendistribusikan surat
e.       Pelayanan terhadap tamu
2.      Pendidikan Dasar
Tugas yang kami laksanakan di ruang ini diantaranya:
a.       Mengarsip surat masuk
b.      Mengagendakan surat masuk
c.       Menelpon sekolah-sekolah
d.      Membuat surat mutasi siswa
e.       Menyusun daftar 1 (satu)
3.      Recepsionist
Tugas yang kami laksanakan di ruang ini diantaranya:
a.       Mendisposisikan surat
b.      Menerima telepon masuk
c.       Membubuhkan cap dan pemberian nomor registrasi
d.      Pelegalisiran berkas dan sertifikat
B.        Kegiatan-Kegiatan
Selama kami melaksanakan Praktek Kerja Industri di Dinas Pendidikan Kota Bogor, ada beberapa kegiatan yang kami laksanakan diantaranya adalah:
1.      Sekertaris Dinas
a.    Mengarsip surat
Dalam kegiatan ini kami menyimpan surat yang telah didisposisikan oleh kepala dinas ataupun sekertaris dinas tentang kegiatan maupun jadwal  yang akan dilaksanakan oleh Kepala Dinas ataupun Sekertaris Dinas.
b.    Menulis jadwal kegiatan
Di ruang ini kami menulis jadwal kegiatan yang akan diumumkan pada apel pagi dan kegiatan ataupun undangan yang harus dihadiri oleh Kepala Dinas maupun Para Bidang.
c.    Mecatat surat keluar dan surat masuk
Kami mencatat surat yang didisposisi dari Receptionist dan diserahkan kepada Kepala Dinas ataupun Sekertaris Dinas untuk ditanggapi dan diproses menurut ketentuan.
d.   Mendistribusikan surat
Kami mendistribusikan surat ke bidang-bidang yang berisikan tugas kerja masing-masing bidang yang telah ditanda tangani oleh Kepala Dinas atau Sekertaris Dinas.
e.       Pelayanan terhadap tamu
Kami menerima dan melayani tamu yang hendak bertemu baik dengan Kepala Dinas maupun ke Sekretariatan.
2.      Pendidikan Dasar
a.       Mengrasip surat masuk
Di ruang ini kami mengarsipkan surat masuk yang diberikan dari Receptionist yang telah ditanggapi oleh kepala dinas ataupun sekertaris dinas kemudian dimasukkan kedalam surat masuk.
b.      Mengagendakan surat masuk
Kami mencatat ulang surat dari Receptionist dan mengagendakannya kemudian diserahkan kepada Kabid Dikmen.
c.       Menelpon sekolah-sekolah
Kami ditugaskan untuk menelpon alamat-alamat sekolah yang ada disurat tugas tersebut.
d.      Membuat surat mutasi siswa
Kami ditugaskan untuk membuat surat mutasi siswa setelah diberikan surat keterangan pindah dari pihak sekolah atas siswa yang bersangkutan.
e.       Menyusun daftar 1 (satu)
Setiap bulannya kami ditugaskan untuk menyusun dan menginput daftar 1 sesuai kecamatan yang dimaksud.
3.      Recepsionist
a.       Mendisposisikan surat
Kami memberikan lembar disposisi pada surat yang masuk, untuk diberikan penugasan oleh Kepala Dinas kepada yang bersangkutan.
b.      Menerima telepon masuk
Kami menerima telepon yang masuk ke Dinas Pendidikan Kota Bogor.
c.       Membubuhkan cap dan pemberian nomor registrasi
Kami membubuhkan cap pada berkas yang telah ditandatangani oleh pimpinan juga memberikan nomor registrasi pada berkas tersebut.
d.      Pelegalisiran berkas dan sertifikat
Kami menerima dan melegalisir baik berkas maupun sertifikat.

C.        Hasil Kegiatan
Setelah kegiatan yang kami laksanakan kami mendapatkan banyak pengalaman dan hal baru yang dapat membantu kami dalam dunia kerja selain itu kami mendapatkan pembekalan dari pembimbing instansi berupa nasehat, saran dan kritik yang membangun semangat dalam dunia pekerjaan dan pendidikan. Sedikit banyaknya kami mengerti bagaimana cara bekerja dan merasakan manfaat dari Praktek Kerja Industri.

D.       Laporan Prakerin
Pada kesempatan kali ini, kami dapat menyelesaikan laporan Praktek Kerja Industri yang memiliki beberapa tujuan dan manfaat.
1.    Tujuan laporan
Adapun tujuan kami membuat laporan Praktek Kerja Industri yaitu sebagai berikut:
a.       Untuk memenuhi syarat kelulusan.
b.      Mengolah data dan menuangkannya dalam bentuk tulisan sehingga orang lain dapat membacanya dan mengetahui informasi yang kami lakukan dan kerjakan selama kami melaksanakan praktek kerja industri di Dinas Pendidikan Kota Bogor.
c.       Sebagai pertanggungjawaban atas tugas yang diberikan oleh sekolah kepada peserta Prakerin.
d.      Sebagai bahan bukti bahwa siswa-siswi SMK IMABA telah melaksanakan kegiatan Prakerin.
e.       Untuk mengetahui perkembangan siswa-siswi selama mengikuti Prakerin.
f.       Sebagai latihan bagian siswa-siswi dalam membuat sebuah laporan.
2.    Manfaat laporan
Manfaat laporan Prakerin yaitu sebagai berikut:
a.       Kami semakin lancar dalam mengolah data.
b.      Menjadikan kami siswa-siswi yang bisa bertanggungjawab dalam melakasanakan tugas apapun.
c.       Membantu kami memiliki wawasan tentang duni kerja yang sesungguhnya.
d.      Membawa motivasi yang positif bagi siswa-siswi SMK IMABA.
BAB IV
PENUTUP

Sebuah karya pasti mempunyai kelebihan dan juga kelemahan, penulis merasa bahwa karya yang telah dibuat ini masih banyak kekurangannya oleh karena itu penulis Dengan  hati  yang  lapang kami  mengharapkan  saran-sarannya  dan   masukan  untuk   melengkapi   dan   menyempurnakan   laporan   ini   dari   berbagai pihak   yang   rela   mengkaji   dan   menela’ah   laporan.
Dengan segenap kekurangan dan keterbatassan yang dimiliki, penulis menyarankan bagi semua pembaca khususnya siswa-siswi SMK Bina Karya Insan terutama adik kelas agar lebih bersemangat dan  bersungguh-sungguh dalam melaksanakan program yang diadakan disekolah dan bagi semua teman seperjuangan agar tetap bersemangat dan berjuang dalam mengembangkan potensi diri dan menjaga nama baik sekolah.
Sebagai kata penutup dalam penulisan tugas ahir ini,  penulis panjat puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga dengan penuh kesabaran, ketabahan, dan jerih payah penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Semoga apa yang telah penulis paparkan dalam tugas ahir ini dapat bermanfaat bagi diri penulis khususnya dan pembaca pada umumnya. Hanya kepada Allah lah segalanya penulis kembalikan, sebab di tangan-Nyalah sumber segala kebenaran.Bila ada sedikit kebenaran dalam tugas ahir ini semata-mata datangnya dari Allah SWT.

             




BAB V
SARAN DAN KESIMPULAN

A.  Kesimpulan
Dari pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwasanya ketika kita bekerja di suatu perusahaan atau organisasi di bidang apa saja, sangat menunjang kami dalam berkarir terutama modal dan berani berspekulasi dengan kesempatan yang ada untuk menuju kesuksesan.
Dimanapun kita bekerja hakekatnya sama saja, yang terutama harus kita miliki adalah keyakinan kita untuk maju dan pantang menyerah, juga diperlukan sportifitas dan kedisiplinan dalam bekerja.
Dalam hal ini, ketika kita bekerja disuatu perusahaan, kita harus mengetahui fungsi dan tugas, dan mengerti pekerjaan tersebut.

B. Saran-saran
1.    Bagi  Sekolah
Penulis  mengharapkan   untuk   lebih   meningkatkan  kualitas lembaga   dan juga kedisiplinan terhadap siswa, kemudian sarana pendidikan  agar  lebih  dilengkapi  karena  sarana  yang  ada  sedikitnya  sangat  mempengaruhi  bagi  siswa  untuk  lebih   semangat   dalam   belajar.
2.    Bagi   Instansi
Bagi   seluruh   karyawan   dan   karyawati,  penulis  berharap  untuk  lebih  meningkatkan  motivasi   dalam   bekerja  dan  lebih  giat  serta  tepat  waktu  dalam  melaksanakan  tugas.
3.    Bagi  Siswa
Bagi  Siswa  diharapkan  lebih  mempersiapkan  berbagai  hal,  baik  mental,  material,  dan  spiritual. Dalam  melaksanakan  kegiatan  jangan  saling  mengandalkan  untuk  bekal  pengalaman dikemudian hari karena semangat kerja adalah kunci kesuksesan.






              

You Might Also Like: